Tips Cara Menghemat Baterai Android

NEWS & EVENTS

Tips Cara Menghemat Baterai Android



Tips Cara Menghemat Baterai Android

Smartphone berbasis sistem operasi Android memang sangat populer, berbagai fitur dan aplikasi yang dapat kamu dapatkan jika menggunakan ponsel dengan Sistem operasi besutan Google ini. Tetapi seringkali pengguna Android mengeluhkan borosnya daya baterai pada smartphone android  yang dipakai.

 

Ada banyak faktor yang mungkin belum kamu ketahui sehingga daya baterai Android kamu menjadi lebih cepat habis. Berikut adalah Tips untuk menghemat daya baterai Android. Saat ini kami menggunakan Andromax V3S yang memiliki kapasitas baterai 2.500 mAh.

 

1. Atur brightness pada layar

Brigtness atau pencahyaan pada layar memang termasuk penyumbang terbesar yang membuat daya baterai smartphone android anda cepat habis. Aturlah pencahyaan sesuai kondisi dimana anda sedang berada, turunkanlah pencahayaan layar jika anda sedang berada di tempat yang tidak terlalu terang, dan naikan pencahyaan layar jika anda sedang berada ditempat yang terang.

 

2. Matikan Wifi dan Bluetooth

Fasilitas wifi memang menjadi favorit bagi pengguna smartphone Android, karena dengan wifi kita dapat mengakses internet secara gratis saat sedang terhubung dengan jaringan wifi baik itu di mall, kantor, kampus, dll. Tetapi banyak para pengguna android yang lupa mematikan wifi ketika sudah selesai menggunakannya. Hal ini membuat daya baterai akan lebih cepat berkurang, karena jika wifi hidup smartphone android tersebut akan akan terus aktif mencari sinyal wifi. Sama halnya dengan bluetooth, ketika anda sudah selesai menggunakan fasilitas untuk bertukar data ini, sebaiknya langsung anda matikan, karena smartphone anda juga akan aktif mencari jaringan blutooth lainnya.

 

3. Matikan GPS

Fasilitas GPS pada android memangsangat berguna ketika kita sedang bepergian atau mencari alamat yang akan dituju. Tetapi ada baiknya matikan GPS ketika anda rasa sudah tidak membutuhkannya lagi.

 

4. Matikan Fungsi Getar

Yang dimaksud bukanlah getaran yang terjadi ketika ada panggilan masuk atau pesan masuk pada smartphone android anda, melainkan getaran ketika anda mengetik atau menyentuh keyboard meupun ikon pada layar android anda. Karena getaran yang terjadi terus menerus akan membuat daya baterai cepat habis.

 

5. Tutup aplikasi yang tidak terpakai

Salah satu keunggulan smartphoone android adalah tersedianya berbagai macam aplikasi yang dapat anda gunakan. Jadi jika anda rasa terdapat aplikasi yang tidak terpakai tetapi masih aktif, tutp segera aplikasi tersebut karena aplikasi yang terus berjalan cukup memberikan kontribusi baterai android anda menjadi cepat habis.

 

6. Matikan Fungsi Sync

Sync adalah salah satu fasilitas dimana anda akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan email, facebook, twitter, dll secara update. Jadi sebaiknya matikanlah fungsi Sync pada smartphone Android anda, karena fitur Sync cukup memberikan kontribusi pada daya baterai anda yang cepat habis. Untuk memerika email, facebook dan aplikasi lain sebaiknya lakukan secara manual.

 

7. Instal Aplikasi Advanced task Killer

Aplikasi Advanced Task Killer atau Baterai Dr. Saver adalah aplikasi yang dapat menghemat baterai android anda dengan cara mematikan aplikasi yang masih aktif dan berjalan tetapi tidak terpakai. Aplikasi ini dapat anda dapatkan di Google Play.

Demikian informasi Tips Cara Menghemat Baterai Android yang mungkin dapat bermanfaat untuk membuat baterai smartphone android anda menjadi lebih hemat.